Manfaat Luar Biasa dari Menjemur Bayi

Manfaat Menjemur Bayi

Menjemur bayi di bawah paparan matahari pagi sangat baik bagi kesehatan tubuhnya. Sebagaimana diketahui vitamin D yang diperlukan tubuh dapat diproduksi di bawah kulit melalui bantuan paparan cahaya matahari pagi. Selain itu tentu saja diperoleh lewat ASI dan beberapa jenis makanan lainnya, seperti ikan sarden, tuna, telur, mentega, dan sebagainya

Vitamin D sendiri sangat berperan dalam proses penyerapan kalsium didalam tubuh, menjaga keseimbangan mineral dalam darah, serta mengatur proses mineralisasi (terutama kalsium dan fosfor), serta menghambat proses mineralisasi struktur tulang dan gigi.

Menjemur bayi dapat dilakukan di kamar bayi. Caranya, buka jendela kamar pada pagi hari, saat sang surya baru muncul sekitar pukul 07.00-08.00. sebaiknya hindari menjemur bayi di atas jam itu. Sebab cahaya matahari sudah kian memanas. Biarkan paparan matahari pagi membaluri tubuh bayi dengan cahayanya yang lembut dan hangat. Lakukan hal itu sekitar 30 menit hingga satu jam setiap pagi. Ajak bayi bicara dan tatap matanya.

Akan lebih baik lagi jika menjemur bayi dengan cara membawanya bermain ke luar rumah atau mengajaknya ke taman-taman di kompleks rumah. Suasana kian menyenangkan jika mengajak suami tercinta. Anda dapat menjemurnya dengan cara membaringkannya dalam stroller, sambil berjalan menikmati udara segar dan kicauan burung. Jika anda sudah biasa dan tidak takut menggendong, akan lebih baik menjemurnya dengan cara menggendong sambil terus melakukan kontak mata dan berkomunikasi dengan bayi. Jika sudah sekitar satu jam, bawalah bayi anda kembali ke rumah.

Dengan menjemurnya pada pagi hari, bayi anda akan memperoleh manfaat yang luar biasa, yakni menjamin produksi vitamin D dan dapat menghangatkan tubuhnya. Selain itu dapat menyegarkan pernapasannya lewat udara pagi yang ia hirup. Di samping itu saat menjemurnya keluar rumah, berarti alat-alat indranya sedang dirangsang mengenal suasana lingkungan luar rumah. Pada gilirannya hal ini akan membantu mematangkan system pancaindranya.

Berikut beberapa tips menjemur bayi yang menyehatkan dan menyenangkan:

  1. Jangan lakukan ketika matahari terik
  2. Jangan menjemur bayi melebihi satu jam
  3. Jangan menjemur bayi saat ia sedang tidak sehat
  4. Hindari menjemur bayi di lokasi-lokasi dekat dengan sumber yang bisa menimbulkan penyakit, seperti tempat pembuangan sampah dan kotoran ataupun orang-orang tertentu yang diketahui sedang mengidap penyakit menular
  5. Saat menjemur bayi ajaklah suami dan anggota keluarga lainnya
  6. Selama menjemur bayi, lakukan kontak mata dan komunikasi dengannya
  7. Bawalah mainan bayi untuk digenggam olehnya