Cara Penanganan Cegukan Pada Bayi

Cegukan Pada Bayi

Bunda….tema kita kali ini adalah mengenai cegukan pada bayi. Cegukan pasti bukan hal asing lagi bagi bunda, karena cegukan ini bisa dialami semua lapisan, seperti bayi, orang dewasa, bahkan lansia alias lanjut usia. Bunda tidak perlu cemas ketika si buah hati mengalami cegukan, karena cegukan itu bisa hilang dengan sendirinya, dan tidak akan sampai membahayakan si buah hati, hanya saja seringnya kita sebagai orang tua, sedih melihat si buah hati yang mungil itu mengalami cegukan….kasihaan sekali rasanya. Tapi tahukah bunda penyebab cegukan pada bayi dan bagaimana cara mengatasinya, bila bunda belum mengetahuinya, baca terus ya artikel ini sampai tuntas…tas..tas….tapi bila bunda sudah mengetahuinya, tetap baca juga ya, karena untuk mengingat kembali mana tau ada hal yang bunda lupakan, tapi setelah baca artikel ini, jadi ingat kembali deh…..

Apa itu cegukan?

cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tidak disengaja pada diafragma,dan umumnya nih terjadi berulang-ulang setiap menitnya. cegukan merupakan suatu gerakan refleks dari tubuh yang terjadi saat otot diafragma mengalami pengencangan secara mendadak akibatnya si udara tiba-tiba tertarik masuk melewati mulut dan menimbulkan suara cegukan.

Bunda….cegukan pada bayi adalah hal yang biasa, artinya bukan bayi bunda aja yang akan mengalami kondisi seperti ini, tapi semua bayi yang berada di belahan dunia yang lain juga akan mengalami hal yang sama (jadinya senasib).

Meskipun tidak berbahaya, cegukan yang pada si buah hati yang berlangsung lama, tentu saja dapat menyebabkan si buah hati merasa tidak nyaman nih….serta dapat menyebabkan si buah hati rewel, tidak mau makan, batuk-batuk bahkan muntah.

Gejala cegukan

Terjadinya hentakan-hentakan kecil setiap menit dan menimbulkan suara ‘hiks’

Penanganan

apa ya kira-kira penanganan yang tepat untuk si buah hati yang lagi cegukan……

  • Cobalah bunda berikan si buah hati cairan, cairan di sini bisa susu ataupu air putih hangat, karena pada umumnya setelah si buah hati diberikan minum, tidak berapa lama kemudian cegukan langsung hilang. Saya juga punya pengalaman nih bunda mengenai cegukan, bayi saya yang berumur 2 bulan sering sekali cegukan, nah ketika ia cegukan langsung saya susui, tidak sampai satu menit saya susui ternyata cegukannya hilang, memang benar lho bunda ketika kita melihat si buah hati kita cegukan, rasa kasihan muncul, karena badan mungilnya jadi terhentak hentak karena cegukan.
  • Tepukkan lembut pada punggung bayi, juga merupakan salah satu jalan untuk menghilangkan cegukan. Bunda dapat meletakkan si buah hati dengan cara ditegakkan lalu sandarkan pada bahu bunda, tepuklah punggungnya secara perlahan dengan penuh kasih sayang. Bunda lakukan ini sampai cegukannya hilang.
  • Usahakan ya bunda, pada saat memberikan dot pada bayi, lubang dotnya jangan terlalu besar, karena lubang dot yang besar akan membuat bayi banyak menelan udara yang masuk bersamaan ketika si bayi sedang minum susu. Akibatnya yang terjadi adalah peregangan pada lambung yang bisa memicu terjadinya cegukan.
  • Mengusahakan bayi untuk bersendawa juga merupakan salah satu upaya yang dapat membuang udara lebih yang berada pada perut si buah hati, sehingga dapat mencegah terjadinya cegukan. Agar bayi mudah bersendawa bunda dapat memposisikan bayi untuk berada di bahagian pundak bunda.
  • Ketika bunda memberikan makanan kepada si buah hati, jangan sampai makanan yang diberikan terlalu banyak jumlahnya. Tapi berikanlah makanan untuknya dalam porsi yang kecil tetapi sering.

0 Response to "Cara Penanganan Cegukan Pada Bayi"

Post a Comment